™||Welcome to Dead Lotus Blog||Game, Software, and Fun you can find it here!||™

Monday, August 15, 2016

Mengapa Pelajaran TIK Dihapus?


Hello,
Sudah lama nggak nge-blog, mari hidupkan lagi blog yang mati suri ini.

Mau berkeluh kesah sebentar tentang TIK.
YA, TIK adalah mata pelajaran yang PERNAH ada di Indonesia sebelum pelajaran ini dihapus di kurikulum 13. Gue sebagai seorang PC Mania sampai sekarang masih menyayangkan keputusan Mendikbud pada saat itu. Well, sebenernya sih gue juga suka mata pelajaran ini. Ya karena cuma di mata pelajaran ini gue dapet nilai selalu 90 keatas. Selain mata pelajaran ini? Jangan ditanya lagi lah.

Beberapa alasan yang terungkap mengapa TIK/KKPI hilang dari Kurikulum 2013 ketika dialog dengan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (WAMEN) bidang Pendidikan dan Perwakilan PUSKUR (Pusat Kurikulum dan Perbukuan) diantaranya :
  1. “Anak TK dan SD saja sudah bisa internetan…”
  2. TIK / KKPI bisa integratif (terintegrasi) dengan mata pelajaran lain
  3. Pembelajaran sudah seharusnya berbasis TIK (alat bantu guru dalam mengajar), bukan TIK/KKPI sebagai Mata Pelajaran khusus yang harus diajarkan
  4. Jika TIK/KKPI masuk struktur kurikulum nasional maka pemerintah berkewajiban menyediakan Laboratorium Komputer untuk seluruh sekolah di Indonesia, dan pemerintah tidak sanggup untuk mengadakannya
  5. Banyak sekolah yang belum teraliri LISTRIK, jadi TIK/KKPI tidak akan bisa diajarkan juga disekolah

Gue setuju pendapat di atas hanya di poin kelima. Sisanya gue nggak setuju. 
  1. Nggak bisa disama-ratakan. Okelah, banyak anak TK dan SD udah bisa komputeran dan internetan. Tapi apakah sudah diajarkan manfaat dari TIK itu sendiri? Kalo anak TK dan SD udah bisa komputeran dan internetan dengan cara otodidak dan mungkin diajarin orang tua, maka gak menutup kemungkinan mereka jadi terpengaruh hal-hal negatif di internet. Contohnya, Pornografi, SARA, Politik gak jelas, Berita hoax, dan GGS. Dan juga, gak semua anak TK dan SD bisa komputeran lho, apakah Pak Mendikbud ini gak mikir mereka yang punya rumah di pelosok desa? Bahkan pelosok-nya pelosok? Mereka bahkan belum mengerti cara mengoperasikan komputer dan TIK dihapus begitu saja. Gimana generasi kita mau maju kalau semua disama-ratakan seperti ini?
  2. Terintegrasi sih sering ya. Tugas PowerPoint, Word dari guru memang sedang populer di era K13 ini. Tapi ya itu, kalo yang mengerjakan tugas gak ngerti komputer sama sekali kayak yang gue sebutin diatas gimana? Tugas banyak, gak bisa ngoperasiin komputer walhasil otak meletup, komputer berasap gara-gara diotak atik ga jelas. Jadi, tutorial PowerPoint, Word, Excel dan sebagainya itu sangat penting dipelajari agar jika mendapat tugas dari guru akan mudah mengerjakannya. Dan tempat mendapat tutorial tersebut adalah di sekolah, di pelajaran TIK. Kembalikan TIK!
  3. (Jawaban sama seperti nomer 2)
  4. Lucunya pemerintah. (Sorry, kalau lo orang yang gampang banget tersulut emosi, mending jangan lanjut baca.) Jalan dibenahi, monorail dibangun, infrastruktur dilengkapi. Tapi soal pendidikan aja ogah-ogahan keluar duit. Masa depan memiliki fasilitas yang banyak, tapi generasi masa depannya aja gaptek. Ibarat baju bagus dipakai sama orang yang tampangnya jelek, sifatnya jelek, bau ketek, tukang mintain duit dsb.
Itu aja sih keluh kesah singkat gue soal TIK. Moga-moga yang lihat ini bikin petisi di change.org terus pelajaran TIK dikembaliin. LOL. See ya.

No comments:

Post a Comment

Jangan Komentar yang mengandung SARA atau Penghinaan, komentarlah dengan bijak! http://linkofdead.blogspot.com/